About Us

Tentang Balai PLJSKB

Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bidang pengujian tipe kendaraan bermotor di lingkungan Kementerian Perhubungan yang berada di bawah pengawasan dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat. Balai PLJSKB resmi didirikan pada tanggal 26 Maret 1988 berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 7 Tahun 1988 dan beralamat di Jalan Raya Setu Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Organisasi Balai PLJSKB kemudian disempurnakan dengan Keputusan Menteri 59 Tahun 2002.

Balai PLJSKB telah diperlengkapi dengan fasilitas uji kendaraan bermotor dalam gedung (indoor test) maupun luar gedung (outdoor test). Sekarang BPLJSKB sudah memiliki sejumlah fasilitas peralatan uji modern, meski alat uji lamanya masih digunakan. Total ada 15 unit peralatan uji yang diakui bisa mengimbangi kemajuan teknologi mobil-mobil sekarang. Beberapa alat ujinya sudah mendapat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional, seperti yang terlihat di lab uji emisi sepeda motor yang sudah Euro 2.

"Menuju Terselenggaranya Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Yang Nyaman, Lancar Dan Selamat Serta Ramah Lingkungan” Visi
”Memastikan Semua Tipe Kendaraan Bermotor Yang Akan Dirakit, Diimpor, Diproduksi Dan Di Pasarkan Memenuhi Persyaratan Teknis Dan Laik Jalan” Misi

Tugas dan Fungsi

Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor mempunyai tugas melaksanakan pengujian dan penyiapan bahan sertifikasi laik jalan terhadap tipe kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan, karoseri dan kendaraan khusus.

Sedangkan Fungsi BPLJSKB adalah:

  • Pelaksana uji prestasi, bagian kendaraan bermotor, peralatan keselamatan, dan uji lapangan serta pemeriksaan kontruksi.
  • Penyiapan bahan sertifikasi laik jalan terhadap tipe kendaraan bermotor.
  • Pelaksanaan pemeriksaan dokumen teknis dan administrasi kendaraan bermotor yang akan diuji.
  • Pelaksanaan pemeliharaan, pengadaan dan penilaian kinerja fasilitas dan peralatan pengujian serta sarana penunjang teknis lainnya.
  • Pengembangan teknologi pengujian tipe kendaraan bermotor dan pengembangan sistem informasi pengujian tipe kendaraan bermotor.
  • Pelaksanaan administrasi dan kerumahtanggaan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor.


Struktur Organisasi

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No.59 Tahun 2002 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, BPLJSKB dipimpin oleh seorang Kepala dengan Jabatan Eselon III.a dan terdiri dari:

  1. Subbagian Tata Usaha
  2. Seksi Pengujian
  3. Seksi Sertifikasi
  4. Seksi Sarana Pengujian
  5. Seksi Teknologi Pengujian
  6. Kelompok Jabatan Fungsional

0
0
0
0