Detail Berita

Sesjen Kemenhub Pimpin Indonesia Pada Pertemuan Ke-13 ASEAN-Japan STOM Leaders Conference

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Santoso Eddy Wibowo yang juga merupakan STOM Leaders Indonesia telah memimpin Delegasi Indonesia padaPertemuan ke-13 ASEAN-JapanSenior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference yang saat ini sedang berlangsung di Kagoshima, Jepang pada tanggal 27 sampai 29 Juli 2015. Hadir sebagai anggota Delegasi RI pada pertemuan tersebut antara lain adalah Kepala Badan Litbang Perhubungan Elly Sinaga dan Staf Ahli Bidang Logistik dan Multimoda Perhubungan Sugihardjo.Pertemuan dipimpin oleh STOM Leaders Jepang Mrs.Yuri Furusawa dan dihadiri oleh seluruhSTOM Leaders 10 negara anggota ASEAN dan Sekretariat ASEAN. Hadir pula pada pertemuan tersebut Mr. Issei Kitagawa, State Minister of Land, Infrastructure, Transport and Tourism, Jepang.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan tingkat pejabat tinggi (Eselon 1) yang secara reguler diselenggarakan setiap tahun di Jepang untuk membahas kerjasama transportasi antara ASEAN dengan Jepang yang merupakan salah satu negara mitra wicara ASEAN.

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan antara lain perkembangan dari 25 program kerjasama transportasi ASEAN-Jepang dibawah Pakse Action Plan dalam kerangka kerjasama transportasi ASEAN-Jepang antara lain mengenai riset di bidang teknologi kepelabuhanan dan Eco Airport. Selain itu juga terdapat juga usulan baru kerjasama ASEAN-Jepang di bidang transportasi antara lain adalah Rencana Aksi Baru ASEAN-Jepang Di Bidang Peningkatan Lingkungan Hidup Sektor Transportasi, Penelitian Bersama mengenai Teknologi Transportasi Jalan untuk Wilayah PerbatasanASEAN, Peningkatan Keselamatan Transportasi Laut (Peningkatan Kapasitas Operator VTS), dan Pengembangan Peraturan Teknis di bidang Sistem Persetujuan Tipe Kendaraan Bermotor.

Pada pertemuan tersebut, Indonesia menyampaikan ketertarikannya untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kerjasama ASEAN-Jepang tersebut. Usulan Jepang untuk inisitif baru tersebut diharapkan untuk dapat diterima pada pertemuan untuk disahkan pada pertemuan ke-14 ASEAN-Japan STOM pada bulan November 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia. (DUM)

Share this post